A.
PENGERTIAN MULTIMEDIA
Multimedia
diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media
atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks,
grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan.
Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna
komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat
disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
Disini
dapat digambarkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk
menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih
menarik. “Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau
Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan
teks (McCormick 1996) atau Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua
media input atau output dari data, media dapat audio (suara, musik), animasi,
video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau Multimedia merupakan
alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang
mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan
Linda, 2001). Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan
menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan
menggabungkan link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi,
berkreasi dan berkomunikasi.
Multimedia
adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar,animasi,
audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat
melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering
digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, Multimedia
juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.
B.
PEMANFAATAN MULTIMEDIA
Pada zaman
sekarang ini, penggunaan aplikasi multimedia sudah merambah ke segala
bidang kehidupan manusia. Berikut ini adalah bentuk-bentuk aplikasi
multimedia yang ada menurut Dastbaz pada bidang:
1. Pendidikan
Tidak diragukan lagi
bahwa bidang pendidikan telah mendapatkan salah satu keuntungan dengan
adanya teknologi multimedia. Penggunaan multimedia dalam bidang
pendidikan dapat memperkaya pembelajaran dari materi peadidikan tersebut.
Dengan bantuan gambar, video, animasi, dan suara, materi presentasi dari
sebuah mata pelajaran akan dapat lebih dimengerti Contoh penggunaan
aplikasi multimedia dalam bidang pendidikan adalah CAI, perangkat ajar,
E-Learning, dan lain-lain.
2. Pelatihan
Dalam sebuah studi yang dilakukan Departemen Pertahanan Amerika Serikcat, dinyatakan bahwa pelatihan yang menggunakan multimedia 40% lebih efektif daripada pelatihan biasanya. Selain itu, pelatihan dengan multimedia dapat meningkatkan fleksibilitas jadwal pelatihan dan mengurangi biaya pelaksanaan. Fungsi multimedia seperti penggunaan audio, video, animasi, gambar, dan teks juga sangat membantu memperkaya materi pelatihan yang diberikan. Aplikasi multimedia dalam bidang pelatihan ini disebut juga dengan E-Training.
Dalam sebuah studi yang dilakukan Departemen Pertahanan Amerika Serikcat, dinyatakan bahwa pelatihan yang menggunakan multimedia 40% lebih efektif daripada pelatihan biasanya. Selain itu, pelatihan dengan multimedia dapat meningkatkan fleksibilitas jadwal pelatihan dan mengurangi biaya pelaksanaan. Fungsi multimedia seperti penggunaan audio, video, animasi, gambar, dan teks juga sangat membantu memperkaya materi pelatihan yang diberikan. Aplikasi multimedia dalam bidang pelatihan ini disebut juga dengan E-Training.
3. Informasi Penjualan
Aplikasi multimedia yang biasanya dipakai dalam bidang ini adalah kios informasi. Kios informasi ini disebutkan sebagai sebuah hardware yang dapat menampilkan gambar, audio, dain video dengan telnologi touchscreen sebagai alat inputnya. Kios ini ditempatkan di tempat umum seperti di bandara atau di museum sehingga pengunjung dapat menerima informasi tentang tempat tersebut.
Aplikasi multimedia yang biasanya dipakai dalam bidang ini adalah kios informasi. Kios informasi ini disebutkan sebagai sebuah hardware yang dapat menampilkan gambar, audio, dain video dengan telnologi touchscreen sebagai alat inputnya. Kios ini ditempatkan di tempat umum seperti di bandara atau di museum sehingga pengunjung dapat menerima informasi tentang tempat tersebut.
4. News Delivery, Broadcasting, dan
Perikdanan
Permintaan akan penggunaan media nteraktif pada broadcasting dan periklanan meningkat pada awal tahun 1992, dan semakin berkembang hingga sekarang. Contoh penggunaan multimedia pada bidang ini antara lain semakin banyalnya
website berita yang menampilkan berita-berita secara up-to-date setiap waktunya dengan video streaming ataupun live broadcast sreaming
Permintaan akan penggunaan media nteraktif pada broadcasting dan periklanan meningkat pada awal tahun 1992, dan semakin berkembang hingga sekarang. Contoh penggunaan multimedia pada bidang ini antara lain semakin banyalnya
website berita yang menampilkan berita-berita secara up-to-date setiap waktunya dengan video streaming ataupun live broadcast sreaming
5. Bisnis dan Penjualan
Telnologi aplikasi multimedia bersama dengan telnologi World Wide Web (Www), telah memberikan dampak utama dalam perubahan cara berbisnis manusia. Teknologi tersebut telah menghilangkan batasan uang dan waktu dalam berbisnis sehingga proses bisnis dapat berjalan kapan saja dan di mana saja.
Telnologi aplikasi multimedia bersama dengan telnologi World Wide Web (Www), telah memberikan dampak utama dalam perubahan cara berbisnis manusia. Teknologi tersebut telah menghilangkan batasan uang dan waktu dalam berbisnis sehingga proses bisnis dapat berjalan kapan saja dan di mana saja.
C.
MULTIMEDIA UNTUK APLIKASI UMUM
Pengaruh
multimedia sangat besar dan berkembang secara pesat di masyarakat umum. Hal ini
dikarenakan kemudahan yang ditawarkan multimedia pada semua bidang kehidupan
manusia. Dengan multimedia, informasi yang ingin disampaikan akan lebih jelas,
menarik, mudah dan efektif. Selain itu penggunaan
multimedia cukup mudah untuk dipelajari bagi masyarakat awam sekalipun. Jika
diamati lebih lanjut, dewasa ini masyarakat bahkan lebih cerdas dalam
mengunakan multimedia. Kemudahan multimedia membuat masyarakat lebih tertarik
menggunakan jasa internet untuk memasang iklan atau bahkan belanja On-line.
Pembeli tidak perlu repot pergi keluar rumah untuk mencari barang atau jasa
yang diinginkan. Di bidang pendidikan, guru tidak perlu repot-repot mendemonstrasikan
dengan gambar di papan tulis untuk menjelaskan suatu materi pelajaran yang rumit
dan sulit dijelaskan dengan kata-kata. Guru cukup menggunakan proyektor yang
terhubung dengan komputer atau laptop untuk memberikan penjelasan melalui
gambar, video dan animasi. Mudah dan menguntungkan bukan?
Kemudahan
informasi yang didapat dari media internet membuat masyarakat lebih memilih
untuk mencari berita dan artikel dari internet. Selain lebih menarik karena
dilengkapi fasilitas multimedia (video, gambar dan animasi), berita yang
didapat dari internet bersifat lebih up to date. Bukan hanya itu, membaca
berita dari internet akan lebih murah dibanding dengan cost yang dikeluarkan
dari membaca koran. Tentunya ini sangat baik dalam meningkatkan minat baca
masyarakat karena wacana atau berita yang disuguhkan tentu jauh lebih
beranimasi dan mudah dimengerti jika dibandingkan dengan wacana dari media
massa. Bisa dibayangkan tentunya mana yang lebih menarik antara berita yang menyajikan teks dan gambar saja
dibandingkan dengan berita yang menghadirkan teks , gambar, suara, video, simulasi kejadian dan animasi-animasi
cerdas. Tentu dengan bijak masyarakat
akan memilih opsi kedua.
Dibalik
kemudahan-kemudahan yang ditawarkan dari keberadaan multimedia dan internet
tentu ada sisi negatif. Dari sisi negatif inilah yang apabila masyarakat tidak
cerdas untuk menghindarinya akan menimbulkan masalah bagi mereka sendiri.
Beberapa hal negatif yang diakibatkan dari penyalahgunaan multimedia internet
antara lain penipuan,pornografi, perjudian, pembobolan rekening dan lain-lain.
Tentunya diwajibkan untuk masyarakat lebih cerdas dalam penggunaan multimedia
dan internet.
Selain
media internet, masyarakat dapat memanfaatkan televisi untuk mendapatkan
informasi dan hiburan. Televisi juga termasuk salah satu alat multimedia,
bukan? Dari televisi masyarakat dapat
menikmati berbagai jenis element multimedia seperti video, gambar , suara dan
teks. Dari televisi , masyarakat dapat menikmati hiburan dan mendapatkan ilmu
pengetahuan. Namun dengan adanya televisi terkadang orang menjadi lupa waktu dan mudah
terpengaruh akan cerita-cerita yang ditayangkan. Hal tersebut dapat menyebabkan
kebodohan. Sama seperti halnya televisi, internet pun dapat membuat orang lupa
waktu dan menjadi bodoh.
Multimedia
dan internet , antara keduanya memiliki keterkaitan yang sangat erat dan sangat
dibutuhkan masyarakat dalam era yang serba cepat dan tepat. Multimedia
dimanfaatkan para pelaku bisnis untuk iklan , pemasaran, demo produk dan
katalog. untuk lebih jelasnya akan dijajabarkan beberapa aplikasi umum
menggunakan multimedia.
1. Bisnis
Aplikasi
multimedia dalam bisnis meliputi periklanan, pemasaran, presentasi, demo
produk, database, dan komunikasi jaringan. Selain itu ada pelaku bisnis tetap
dapat melakukan diskusi dengan rekan bisnisnya dengan memanfaatkan video
conference, yang
memungkinkan
adanya tatap muka tanpa harus berada didalam suatu tempat yang sama. Dengan
adanya aplikasi multimedia inilah, perusahaan – perusahaan dapat menjalani
bisnisnya lebih lancar.
2.
Pendidikan
Dengan multimedia , guru
dapat menggunakan tutorial yang berisi gambar, video , animasi dan wacana untuk
memberikan materi. Dengan cara seperti ini mengubah proses belajar mengajar
yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar
– mengajar tidak terlalu monoton. Selain itu ada juga fasilitas simulasi dan
E-learning yang dapat membantu siswa dan pengajar dalam mensimulasikan hal-hal
yang sulit.
3. Rumah
Di rumah banyak media
elektronik yang dapat menyuguhkan elemen -elemen multimedia antara lain
televisi, DVD player, VDC player, video game ( Playstation, Sega, Nintendo, X
box), dan komputer tentunya. Penggunaan multimedia di rumah selain untuk
hiburan yang positif yaitu untuk media pembelajaran serta media pemersatu
anggota keluarga. Dengan menonton TV atau video bersama- sama dengan semua
anggota keluarga ( Orang tua dan anak) tentu akan mendekatkan ikatan keluarga
serta membantu pengawasan dalam penggunaan multimedia.
4. Tempat
umum
Melalui internet dan
fasilitas multimedia , masyarakat akan dengan mudah menemukan informasi suatu
tempat umum baik secara letak, kondisi jalan dan kondisi cuaca. Selain
itu, aplikasi multimedia di tempat umum
dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat
perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. aplikasi-aplikasi tersebut
dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat
yang bersangkutan.
D.
INTERNET BASED
Sebelum membahas tentang internet based kita
harus mengetahui terlebih dahulu apa itu internet. Internet merupakan singkatan
dari interconnected computer networks atau bisa didefinisikan sebagai jaringan
komputer yang tiada batas yang menjadi penghubung pengguna komputer satu dengan
pengguna komputer yang lainnya serta dapat berhubungan komputer di sebuah
wilayah ke wilayah di penjuru dunia, dimana di dalam jaringan tersebut
mempunyai berbagai macam informasi serta fasilitas layanan internet browsing
atau surfing. Istilah ini lebih dikenal dengan online di internet. Secara
harfiah internet ialah sistem golobal dari seluruh jaringan komputer yang
saling terhubung menggunakan standar internet protocol suite (TCP/IP) untuk
melayani milyaran pengguna di seluruh dunia.
Pengertian
internet menurut para ahli :
Lani
Sidharta, menyatakan bahwa internet adalah suatu interkoneksi sebuah jaringan
komputer yang memberikan layanan informasi secara lengkap, dan terbukti bahwa
internet dilihat sebagai media maya yang dapat menjadi rekan bisnis, politik,
sampai hiburan. Semuanya tersaji lengkap didalam media ini.
Khoe Yao
Tung menyatakan bahwa internet adalah jaringan yang satelit komunikasi yang
fungsinya sangat beragam dan tentu merupakan pendukung internet di seluruh
dunia.
Internet
memiliki sejarah yang panjang dari awalh ditemukannya sampai saat ini. Sejak
ditemukan skitar tahun 1969, internet mengalami banyak pengembangan dan
perbaikan hingga akhirnya bisa seperti saat ini. Internet juga memiliki suatu
sistem yang menghubungkan antara komputer satu dengan komputer yang lainnya
yang masing-masing terpisah oleh suatu jarak dan harus berinteraksi baik secara
synchronous maupun asynchronous.Synchronous adalah suatu sistem dimana
interaksi atara komponen-komponen yang saling berhubungan, dapat terjadi secara
bersamaan datau real time. Asynchronous adalah proses interaksi yang tidak
terjadi dalam waktu yang bersamaan.
Jadi Internet
Based adalah suatu sistem atau proses yang menghubungkan penguna internet
dengan berbagai macam sumber pengetahuan yang saling berinteraksi baik secara
synchronous maupun asynchronous berbasis teknologi informasi dengan antarmuka
web. Mungkin agak sedikit rancu tentang kata web, coba saya jelaskan sedikit
tentang web.
Web adalah
sebuah penyebaran informasi melalui internet. Sebenarnya antara www (world wide
web) dengan web adalah sama karena kebanyakan orang menyingkat www mencadi web
saja. Web merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari dunia internet.
Melalui web, setiap pemakai internet bisa mengakses informasi-informasi di
situs web yang tidak hanya berupa keks, tetapi juga dapat berupa gambar, suara,
filem, animasi dan lain-lain. Web merupakan kumpulan-kumpulan dokumen yang
banyak tersebar di beberapa komputer server yang berada diseluruh penjuru dunia
dan terhubung menjadi satu jaringan melalui jaringan yang disebut internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar